Bahaya Dari Feses Atau Tinja Berwarna Hitam

Selamat datang di situs www.tempatherbal.com, artikel kali ini mai kita bahas tentang bahaya dari tinja yang berwarna hitam. Meskipun terdengar jorok, tapi hal ini sangat penting untuk pengetahuan Anda. Karena saat tinja memiliki warna yang tidak normal itu bisa saja telah terjadi gangguan pada kesehatan tubuh Anda. Jadi mari simak sedikit penjelasan tentang bahaya tinja berwarna hitam.

bahaya feses berwarna hitamSangat jarang warna feses menunjukkan sesuatu yang berpotensi serius. Kemungkinan terbesarnya, kotoran Anda berwarna sedikit berbeda dari biasanya akibat makanan yang tidak menghabiskan cukup waktu dalam saluran pencernaan Anda — misalnya saat diare, ketika usus Anda bekerja terburu-buru sehingga mencegah bakteri bekerja dengan baik untuk “mewarnai” feses dengan benar. Namun demikian, warna bisa menjadi sinyal peringatan bahaya ketika terjadi perubahan drastis.

Apa Itu Feses Berwarna Hitam?

Tinja/feses berwarna hitam adalah kondisi dimana kotoran berubah warna menjadi sangat gelap atau berwarna hitam. tinja yang berwarna hitam ini mungki merupakan sesuatu hal yang normal, apabila disebabkan oleh makanan, obat dan suplemen zat besi, akan tetapi kondisi ini juga bisa menandakan bahwa ada sesuatu yang buruk terjadi pada kesehatan Anda, contohnya akibat pendarahan saluran cerna yang berasal dari luka di lambung.

Seseoarang yang mengalami BAB berwarna hitam juga mengalami gejala lainnya seperti:

  • Nyeri pada perut atau kram.
  • Perut bengkak atau kembung. Perubahan kebiasaan buang air besar.
  • Diare Gejala mirip flu (kelelahan, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, sakit dan nyeri).
  • Tinja berbau busuk. Mual dan muntah.
  • Nafsu makan menurun.
  • Nyeri pada rektum atau merasakan sensasi terbakar.
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba.

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab feses berwarna hitam diantaranya penyakit wasir, kanker usus besar, divertikulitis, sindrom mallory-weiss, ulkus lambung, makanan yang mengandung zat besi tinggi, obat-obatan, fisura anak, radang perut, luka pada lambung dan varises esofagus.

Jika Anda mengalami gejala seperti diatas segeralah lakukan pemeriksaan karena bisa saja salah satu penyebab feses Anda berwarna hitam akibat penyakit seperti yang telah disebutkan tadi.

Feses berwarna hitam juga bisa diakibatkan oleh darah, Kondisi ini disebut melena, seperti disinggung sebelumnya bahwa darah ini berawal dari saluran cerna bagian atas.
Saat darah melewati saluran cerna dan berinteraksi dengan enzim dalam proses pencernaan, darah berubah warna dari merah ke hitam. Hal inilah yang membuat darah lebih sulit terlihat karena warnanya kini berubah.

Jangan anggap sepela bila Anda mengalami kondisi ini karena bisa jadi ada gangguan yang lebih serius pada kesehatan Anda. Langkah yang paling aman dan efektif ialah dengan melakukan pemeriksaan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *