Bahaya Minum Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Mengkonsumsi Teh Setiap Hari

Masyarakat sekarang sudah membiasakan diri menjadikan teh sebagai minuman pelepas lelah dan sebagai teman minum saat bersantai. Bahkan beberapa orang sangat menyukai teh dan selalu membiasakan dirinya minum teh saat pagi dan sore hari. Memang benar minum teh setiap hari tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi dengan wajar. Tapi lain kaitannya apabila Anda mengkonsumsi teh secara berlebihan hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan.
bahaya minum teh
Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.
Teh memiliki aroma unik yang memiliki rasa yang menyegarkan dan membangkitkan semangat serta konsentrasi. Apalagi bila saat minum teh tersebut dipadukan dengan kue atau cemilan yang manis itu semakin membuat rasa teh lebih nikmat. Ada beberapa jenis teh yang biasa dikonsumsi oleh masyrakatberikut jenis-jenis teh:

  • Teh putih. Teh ini biasanya terdapat lebih banyak pada campuran krim bubuk.
  • Teh hijau. Biasa digunakan sebagai teh diet dan kecantikan.
  • Teh hitam.
  • Teh herbal. Teh ibi biasa dijadika sebagai obat tradisional.
  • Teh oolong.

Kandungan yang terdapat pada teh:

  • Senyawa Cafein
  • Zat Flouride
  • Zat asam amino l-theanine
  • Senyawa myricetin
  • Senyawa kaempfro
  • Senyawa Quercetin
  • Polifenol yang didalamnya terdiri dari zat katekin dan galloutchinc.

Mungkin saat ini Anda hanya tahu bahwa minum teh itu memiliki manfaat yang banyak dan baik untuk tubuh, tapi perlu Anda ketahui juga bahwa teh memiliki dampak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Teh juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar. Berikut bahaya dari minum teh yang berlebihan bagi kesehatan tubuh:

Beresiko Terkena Anemia
Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Tapi kandungan kafein, fluorin dan tanin pada teh dapat menghambat penyerapan zat bersi yang berasal dari makanan. Apabila kondisi tersebut terus berlangsung makan penderita akan mengalami anemia.

Beresiko Batu Ginjal
Minum teh secara berlebihan juga dapat menyebabkan batu ginjal karena kandungan zat oxalate pada teh yang merupakan penyebab utama pembentukan batu ginjal. Karena itu bagi Anda penikmat teh disarankan untuk jangan terlalu sering meminum teh apalagi minum teh setelah makan.

Kuding PLus Tea-Teh Kesehatan Terbaik

Penyakit Jantung
Tekana darah akan meningkat karena kadar kafein dalam teh yang akan membuat jantung berdetak lebih cepat. Selain itu juga apabila penderita penyakit jantung terus mengkonsumsi teh hal ini dapat menimbulkan perasaan gelisah sampai mengalami arrhytmia yang artiya detak jantung tidak berirama. Hal tersebut merupakan kondisi yang berbahaya.

Menyebabkan Migrain/Sakit Kepala
Bila Anda mengkonsumsi 5-7 gelas teh perharinya itu dapat mengakibatkan saraf-saraf seputar kepala menjadi tegang dan melebar sehingga akan menimbulkan sakit kepala dan migrain yang bisa terjadi secara tiba-tiba.

Menyebabkan Gangguan Kesehatan Pada kerongkongan
Tahukah Anda minum teh berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pada kerongkongan. Senyawa yang ada pada teh akan melukai dan mengiritasi dinding kerongkongan sehingga bisa menimbulkan peradangan yang serius.

Beresiko Terkena Kanker
Minum teh berlebihan ternyata bisa menyebabkan munculnya penyakit yang sangat ditakuti dan sangat berbahaya yaitu kanker. Kanker bisa timbul akibat minum teh yang terlalu sering, pertumbuhan sel kanker ini dapat disebabkan oleh jenis teh seperti teh celup. Mengapa demikian? pembuatan teh celup ialah menggunakan serbuk teh yang dibungkus dalam kertas, dan kertas yang dipakai tersebut terbuat dari senyawa chlorine. Saat proses penyeduhan chlorine pada air panas akan membuat senyawa pada kertas tersebut ikut larut dalam air teh yang tadi diseduh. Kandungan klorin yang terlalu banyak di dalam tubuh tersebut akan menstimulus petumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Membuat Gigi Berwarna
Zat cafein pada teh mampu masuk kedalam rongga rongga gigi lalu melekat pada email gigi dan menetap lalu menyebabkan warna keruh pada gigi sehingga btampilan gigi terlihat mengining.

Nah itu adalah beberapa dampak buruk apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi teh, Untuk tetap menjaga kesehatan serta hobi Anda yang suka minum teh ada baiknya Anda mengkonsumsi teh dalam jumlah yang sewajarnya. Agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.Janganlah minum teh lebih dari 5 cangkir dalam sehari. Kemudian jangan langsung minum teh setelah makan.

Be Sociable, Share!

, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *