Khasiat Tanaman Cecendetan

Ramuan Tradisional Dari Cecendetan
Obat apa yang paling aman? murah dan sederhana? semuanya ada pada obat tradisional yang memakai tanaman alami dari kebun atau hutan,  yang diproses masih dengan cara tradisional dan sederhana.

buah cecendetanSebenarnya banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit seperti jahe, jambu biji, daun sirsak, kencur, kemangi dan masih banyak lagi. Orang zaman dulu sering meramu sendiri obat untuk menyembuhkan penyakitnya, selain dulu masih terbatas sarana kesehatannya namun meramu obat sendiri mereka pikir lebih ampuh dan sederhana. Salah satu tanaman yang banyak memiliki khasiat obat adalah tanaman ciplukan. Belum pernah mendengar apa itu ciplukan? Sebenarnya banyak sebutan yang ditujukan untuk tanaman ini seperti kopok-kopokan, ceplukan, nama latinnya physalis angulata dan orang sunda sering menyebutnya dengan nama cecendetan. Kalian ingat sekarang?

Daun ciplukan yang biasanya hanya dikenal sebagai tanaman kecil, ternyata menyimpan sangat banyak manfaat yang perlu untuk kita ketahui.
Tanaman ciplukan termasuk ke dalam tanaman perdu semusim, tingginya kurang lebih 1 meter, berdaun tunggal, bulat telur dengan ujung yang runcing. Panjang daunnya sekitar 5-25 cm, dengan lebar 2,5-18 cm. warna daunnya hijau. Berasal dari daerah tropis Amerika dan tersebar ke berbagai kawasan di Amerika, Pasifik, Australia, dan Asia termasuk Indonesia.
Daun ciplukan mengandung asam klorogenat, kulit buahnya mengandung C27H44O-H2O1 dan di dalam bijinya ada elaidic acid.
Selain buahnya yang sering dikonsumsi daun ciplukan ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti:

Mengobati Flu
manfaat daun ciplukan dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatan obatnya pun sangat sederhana yaitu:
ciplukan
Potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian. Kemudian rebus dengan air sampai mendidih, saring dan minum air rebusannya. sederhana bukan?

Mempercepat pengeringan borok
Ciplukan ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan borok, Anda hanya perlu menumbuk daun ciplukan dengan alu, kemudian oleskan pada borok yang sedang meradang. Borok tersebut akan semakin cepat mengering.

Menyembuhkan kanker payudara
Benarkah? ya. kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerikan dan selalu merenggut nyawa pasiennya. Tapi daun ciplukan ini juga bisa menyembuhkan penyakit ini. Caranya pucuk daun ciplukan yang masih muda tersebut dicampur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat, setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara.

Mengobati Gondongan
Gondongan adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Ketika mengalami gondongan akan terasa nyeri. Daun ciplukan ini juga dapat menyembuhkan gondongan Anda hanya perlu meminum air rebusan dari daun ciplukan tersebut.

Menyembuhkan penyakit jantung
Salah satu khasiat buah ciplukan adalah mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih dulu ya guys.

Catatan:
Perlu di ingat, walaupun ciplukan ini memiliki khasiat yang luar biasa tapi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ya, karena mitosnya sich bisa menyebabkan keracunan. meski hanya mitos tapi kita tetap perlu mematuhinya.

Nah, itulah informasi tentang manfaat dari tanaman ciplukan atau cecendetan. Selain alami cara membuatnya juga sangatlah mudah dan sederhana tanpa waktu yang lama. Silahkan di coba dan semoga sembuh dan bermanfaat. Jagalah kesehatan tubuh kita!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *