Tanda-Tanda Kekurangan Hormon Testosteron

Tanda Dan Gejala Hormon Testosteron Menurun

Hormon testosteron adalah hormon seks steroid yang utama pada pria. testosteron ini adalah hormon androgen, yang berarti bahwa hormon ini dapat merangasang berkembangnya karakteristik laki-laki.Hormon testosteron memiliki pengaruh terhadap libido, pembentukan massa otot dan ketahanan tingkat energi, serta perubahan karakteristik seks skunder pada pria seperti suara menjadi lebih berat.

hormon testosteronKadar hormon testosteron yang normal dalam tubuh laki-laki berkisar antara 270-1070 ng/dL(nanogram per desiliter) dengan kadar rata-rata 679 ng/Dl. Hormon testosteron ini memiliki manfaat untuk membuat kehidupan seks lebih baik, mengurangi resiko alzheimer, mengurangi lemak pada perut, membuat Anda terlihat lebih menarik dan menjadikan lualitas hidup menjadi lebih baik.

Apa yang akan terjadi apabila kekurangan hormon testosteron?

Penurunana kadar hormon testosteron sebenarnya merupakan kondisi alamiah seiring penuaan pada laki-laki. Tapi kondisi kekurangan testosteron juga bisa disebabkan oleh infeksi dan cedera pada testis, gagal ginjal, sindrom klinefelter, dan sirosis hati. Stres dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga bisa menjadi penyebabnya.

Saat kadar hormon testosteron berkurang atau menurun, orang tersebut akan mengalami gejala yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti ketidaksuburan, hastrak seksual menurun, serta berkurangnya frekuensi ereksi yang terjadi secara spontan ketika sedang tidur.

Untuk mengetahi lebih jelas apakah hormon testosteron Anda menurun atau tidak, sebaiknya Anda kenali tanda-tanda kekeurang hormon testosteron berikut ini:

  • Tidak ereksi di pagi hari.
  • Susah tidur.
  • Mudah marah.
  • Rambut Rontok.
  • Perut buncit.
  • Mengalami Disfungsi ereksi.
  • Berat badan yang naik.
  • Libido rendah.
  • Kelelahan dan Depresi.
  • Timbul sakit dan nyeri pada otot.
  • Masalah tulang.

Itu adalah beberapa tanda apabila hormon testosteron menurun atau berkurang. Apabila Anda mengalami tanda-tanda seperti yang disebutkan diatas sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Ada juga dampak menurunnya kadar hormon testosteron terhadap perubahan psikis seperti kecenderungan merasakan perasaan sedih, penurunan rasa percaya diri, berkurangnya motivasi, serta memiliki masalah pada konsentrasi dan daya ingatnya. Semua kondisi ini memang merupakan efek samping dari proses penuaan yang normal tapi selain karena faktor penuaan, rendahnya hormon testosteron juga bisa dipicu oleh kondisi hipogonadisme. hipogonadisme adalah suatu kondisi ketika hormon seksual yang dihasilkan oleh kelenjar seksual (pada pria disebut testis dan pada wanita disebut ovarium) berada di bawah jumlah normal.

Baca Juga Artikel

Cara Mengobati Bau Pada Vagina Secara Alami
Obat Tenggorokan Gatal Yang Paling Mujarab
Obat Herbal Kesuburan Untuk Cepat Hamil
Obat Membuat Tidur Nyenyak

Be Sociable, Share!

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *